Kegiatan

Audiensi “Mewujudkan Kupang Hijau” dengan Pemerintah Kota Kupang

Kamis, 1 Agustus 2019, Tim dari KARINA, ruangwaktu dan Kemitraan Habitat berkesempatan melaksanakan audiensi dengan Pemerintah Kota Kupang di Kantor Walikota Kupang. Kegiatan audiensi tersebut dihadiri oleh Walikota Kupang, Pj. Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Sekretaris BPBD serta pejabat dan staff dinas-dinas di lingkungan Pemerintahan Kota Kupang.

Dalam acara tersebut, kami juga menyerahkan Policy Paper berjudul “Mewujudkan Kupang Hijau – Memperkuat Tata Kelola Lingkungan dan Kebencanaan dari Hulu ke Hilir”. Policy Paper tersebut disusun berdasarkan masukan pada Forum Kota Berwawasan Lingkungan dan Berketahanan yang sebelumnya dilaksanakan pada 8-9 Mei 2019 di Kota Kupang dan Panduan Praktis Implementasi NUA – Buku 3: Kebencanaan dan Lingkungan Perkotaan. Panduan Praktis NUA tersebut merupakan kerja sama BPIW Kementerian PUPR bersama ruangwaktu dan Kemitraan Habitat.

Forum Kota Berwawasan Lingkungan dan Berketahanan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan KARINA bekerja sama dengan ruangwaktu dan Kemitraan Habitat serta Pemerintah Kota Kupang melaksanakan Forum Kota Berwawasan Lingkungan dan Berketahanan bersama pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Forum ini bertujuan untuk membantu pemangku kepentingan di Kota Kupang untuk menerapkan NUA, khususnya di bidang kebencanaan dan lingkungan agar memudahkan dalam penyusunan prioritas isu dan pilihan kebijakan yang relevan. Secara khusus, forum ini juga bermaksud untuk mendapatkan masukan perbaikan untuk buku Panduan Praktis dari Pemerintah, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini terbagi menjadi 2 (dua) Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada Rabu, 8 Mei 2019 yang berfokus pada pembahasan isu yang berada pada Sub-Komponen A dan B pada Buku 3 Panduan Praktis NUA yaitu: (A) Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Keanekaragaman Hayati yang Berkelanjutan dan (B) Pengelolaan Perkotaan Berwawasan Lingkungan. FGD kedua dilaksanakan pada Kamis, 9 Mei 2019 dengan berfokus pada pembahasan isu yang berada pada Sub-Komponen C dan D pada Buku 3 Panduan Praktis NUA yaitu: (C) Pengurangan dan Manajemen Risiko Bencana dan (D) Perencanaan dan Penerapan Kebijakan Kebencanaan dan Perubahan Iklim yang Terpadu.

Materi FGD 1 – 8 Mei 2019

Materi FGD 2 – 9 Mei 2019

Forum Kota Berwawasan Lingkungan dan Berketahanan DKI Jakarta

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan KARINA bekerjasama dengan Sekretariat Jakarta Berketahanan, ruangwaktu, Kemitraan Habitat, serta Kantor Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, melaksanakan Forum Kota Berwawasan Lingkungan dan Berketahanan bersama Pemerintah, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya.  

Forum ini bertujuan untuk membantu pemangku kepentingan di Provinsi DKI Jakarta untuk menerapkan NUA, khususnya di bidang kebencanaan dan lingkungan agar memudahkan dalam penyusunan prioritas isu dan pilihan kebijakan yang relevan. Secara khusus, forum ini juga bermaksud untuk mendapatkan masukan perbaikan untuk buku Panduan Praktis dari Pemerintah, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini terbagi menjadi 2 (dua) Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada Kamis, 21 Maret 2019 yang berfokus pada pembahasan isu yang berada pada Sub-Komponen A dan B pada Buku 3 Panduan Praktis NUA yaitu: (A) Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Keanekaragaman Hayati yang Berkelanjutan dan (B) Pengelolaan Perkotaan Berwawasan Lingkungan. FGD kedua dilaksanakan pada Jumat, 29 Maret 2019 dengan berfokus pada pembahasan isu yang berada pada Sub-Komponen C dan D pada Buku 3 Panduan Praktis NUA yaitu: (C) Pengurangan dan Manajemen Risiko Bencana dan (D) Perencanaan dan Penerapan Kebijakan Kebencanaan dan Perubahan Iklim yang Terpadu.

Materi FGD 1 – 21 Maret 2019

Materi FGD 2 – 29 Maret 2019

Research to Policy Forum Januari 2019

Forum ini dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2019 dan diselenggarakan oleh ruangwaktu bekerjasama dengan Kemitraan Habitat dalam mengadakan diskusi informal dengan tema ‘Kota-Kota Kita Mau di Bawa ke Mana? – Menggali masukan untuk Kebijakan Perkotaan Nasional (KPN)’.

Pada kegiatan tersebut, Bapak Wicaksono Sarosa menyampaikan pengantar diskusi dan Bapak Iman Soedrajat – Tenaga Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang/Ketua Dewan Pembina IAP memberikan tanggapan atas tema diskusi. Setelah kedua narasumber melakukan presentasi, acara dilanjutkan dengan diskusi informal yang dimoderatori oleh Gabriel Efod Virant Pangkerego dari Kemitraan Habitat.

Ringkasan tentang kegiatan ini dapat diunduh pada link berikut.

%d blogger menyukai ini: