A Framework for the Analysis of Urban Sustainability

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

“A Framework for the Analysis of Urban Sustainability,” ditulis oleh Wicaksono Sarosa, adalah upaya untuk menyediakan satu kerangka kerja yang mungkin dalam mengevaluasi kelestarian lingkungan – atau memberikan satu kerangka kerja yang memungkinkan untuk analisis semacam itu. Hasil analisis ini selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan dan pengelolaan kawasan perkotaan.

Pesan utamanya adalah bahwa pembangunan berkelanjutan seharusnya tidak hanya mencakup dimensi temporal atau antar generasi tetapi juga dimensi spasial, sosial ekonomi, politik, antar spesies dan antar menengah.

Makalah disajikan dalam tiga bagian. Bagian satu menjelaskan landasan teori kerangka pembangunan berkelanjutan dan beberapa kritik terhadap konsep tersebut. Bagian Kedua menjelaskan peran kota dan perencanaan kota dalam debat pembangunan lingkungan dan mengkaji upaya yang muncul dengan cepat untuk mengkonseptualisasikan, menafsirkan, dan mengimplementasikan gagasan kota berkelanjutan. Bagian ketiga menggambarkan kerangka usulan yang dapat digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis kelestarian lingkungan perkotaan.

%d blogger menyukai ini: